Jumat, 24 Agustus 2012

Macam - macam Imunisasi


Selain menu makanan yang baik dan bergizi untuk bayi dan anak-anak, ada hal penting yang perlu dilakukan orang tua kepada seorang bayi dan anak yang menunjang kesehatannya yaitu dengan dilakukannya imunisasi. Imunisasi dapat melindungi bayi dan anak-anak dari serangan berbagai virus sehingga diharapkan seorang bayi dan anak yang memang sangat rentan terhadap penyakit akan lebih kuat dan terjaga kesehatannya. Kita semua pasti setuju kalau tindakan preventif atau pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan dan buah hati adalah segala-galanya bagi orang tua, maka sejak kelahiran bayi lakukanlah imunisasi secara berkala dengan begitu kondisi anak akan terjaga kesehatannya dan akan berdampak pula pada sempurnanya pertumbuhan fisik, psikis maupun kecerdasannya kelak.
Berikut ini adalah macam-macam imunisasi, manfaat imunisasi dan kegunaan imunisasi untuk anak-anak kita :
  1. Vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit TBC
  2. Vaksin Hepatitis B. Vaksin ini berguna untuk melindungi dari virus penyebab penyakit hepatitis B
  3. Vaksin Polio.Vaksin ini berguna untuk melindungi dari polio yang menyebabkan kelumpuhan
  4. Vaksin DPT. (Difteri, Pertusis, Tetanus).Vaksin ini berguna untuk melindungi anak dari difteria (infeksi tenggorokan dn saluran pernafasan yang fatal serta berpotensi menyebabkan kematian), pertusis (batuk rejan) dan tetanus
  5. Vaksin Campak.Vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit campak
  6. PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine). Melindungi bayi dan balita dari penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD) yang disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumoniae yang menyebar melalui darah dan bersifat merusak (invasive). Jenis penyakit yang tergolong IPD adalah radang paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), dan infeksi darah (bakteremia).
  7. Vaksin Hibvaksin.Vaksin ini berguna untuk melindungi bayi dan balita dari serangan meningitis, pneumonia, dan epiglotitis
  8. MMR (Mumps, Measles, Rubella).Berguna untuk melindungi batita dan anak-anak dari campak, gondongan, dan rubella (campak jerman)
  9. Tifoid. Melindungi batita dan anak-anak dari penyakit tifus
  10. Influensa.Melindungi bayi dan anak-anak dari kemungkinan terkena flu berat (penyakit yang disebabkan oleh virus influensa)
  11. Varicella. Melindungi anak-anak dari penyakit cacar air
  12. Hepatitis A.Melindungi batita dan anak-anak dari penyakit hepatitis A
  13. HPV (Human Papilloma Virus).Melindungi anak-anak dari virus Human Papiloma Virus (penyebab kanker serviks)

Kami menyarankan apabila kita mempunyai bayi atau anak, sering-seringlah konsultasi dan memeriksakannya ke bidan atau dokter sehingga dalam masa yang rentan ini segala sesuatu yang menimpa bayi dan anak kita akan cepat terdeteksi dan mendapatkan penanganan yang tepat. Salam Poto Tano !!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...