Senin, 20 Agustus 2012

Cara mengatasi Hiperemesis Gravidarum (mual muntah)

      
 Hiperemesis gravidarum adalah gangguan langka yang ditandai dengan mual dan muntah persisten selama kehamilan yang mungkin memerlukan rawat inap. Imbas dari mual muntah tersebut, ibu hamil biasanya mengalami dehidrasi, kekurangan vitamin dan mineral, bahkan kehilangan lebih dari lima persen dari berat badan awal.

      Sejatinya mual dan muntah pada kehamilan, yang lebih dikenal sebagai morning sickness, adalah kondisi umum dari kehamilan. Banyak peneliti percaya bahwa mual-muntah kehamilan harus dianggap sebagai suatu gejala yang dapat mempengaruhi fisik, mental dan sosial seorang ibu hamil. Tidak ada garis tertentu yang memisahkan hiperemesis gravidarum dari mual-muntah kehamilan, dalam kebanyakan kasus, individu yang terkena bisa saja mengalami gangguan mual-muntah kehamilan, mulai dari derajat ringan, sedang hingga hiperemesis gravidarum.

      Lantas, bagaimana untuk ibu hamil yang tak mengalami hiperemesis gravidarum, namun justru harus berjuang dengan morning sickness berbagi tip agar ibu merasa lebih nyaman dalam menjalani kehamilan:

  1. Makanlah dalam jumlah kecil, namun sering.
  2. Minumlah cukup air mineral atau jus, dan hindari meminum minuman yang mudah membuat Anda merasa dehidrasi, seperti kopi atau alkohol.
  3. Jangan tunda rasa lapar. Kalau malam hari Anda merasa lapar, makanlah biskuit atau kue kecil untuk camilan. Ingat, ibu hamil tidak disarankan berdiet. Jadi selama hamil, Anda tidak perlu takut ngemil di malam hari jika lapar, sepanjang makanan yang dikonsumsi aman dan sehat.
  4. Cukup beristirahat akan membuat stamina tubuh Anda terjaga, dan otomatis akan menekan perasaan mual. Jadi, usahakan jangan memforsir diri Anda selama hamil.
  5. Konsumsilah suplemen vitamin B6 dan B12, karena baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  6. Udara segar akan membuat Anda merasa lebih baik, jadi saat waktu luang atau akhir pekan, sebaiknya pergilah ke tempat-tempat yang berudara sejuk untuk membuat Anda lebih santai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...