Sabtu, 18 Agustus 2012

INFO SURVEYLANCE

Info Petugas Surveylance Puskesmas Poto Tano

        Antisipasi Penyebaran Penyakit Chikungunya di Wilayah Kerja Puskesmas Poto Tano, di bawah ini sedikit info tentang penyakit chikungunya, jika ditemukan satu atau lebih tanda-tanda adanya Chikungunya segera lapaorkan ke Puskesmas Poto Tano atau Petugas Pustu / Poskesdes.



     Chikungunya adalah penyakit menular seperti demam disertai nyeri otot yang bersifat epidemik dan endemik yang disebabkan oleh Alvavirus yang di tularkan oleh beberapa jenis nyamuk yaitu Aedes Aegypti, Aedes albopictus, Culex fatigans dan Mansonia sp.Meski pun penyakit ini tidak mengakibatkan kematian,namun dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat di persendian tubuh atau tulang bahkan seperti kelumpuhan dan dapat berlangsung selama 2 bulan atau lebih. Gejala Demam Chikungunya mirip dengan Deman Berdarah Dengue yauti demam tinggi, menggigil sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, nyeri sendi dan otot serta bintik bintik merah pada kulit terutama badan dan lengan, hanya perbedaan pada chikungunya tidak ada pendarahan hebat, renjatan (Schok) maupun kematian. Masa inkubasinya dua sampai empat hari. manifestasi penyakit berlangsung tiga sampai 10 hari.

Tempat Nyamuk  berkembang biak

Nyamuk aedesberkembang biar di tempat penampungan air bersih didalam rumah maupun di sekitar rumah seperti bak mandi , ember, tempayan, guci, vas bunga, tempat minum burung, dan bekar, drum, kalem, pecahan botol, potonga bambu, dan lain lain.

Cara pencegahan

Lakukan pemberantasan serang nyamuk dengan melakukan "3M" (Menguras , Menutup, dan Mengubur) barang barang bekas, tempat tempat penampungan air seminggu sekali secara teratur atau menaburkan larvasida serta memasukkan ikan pada kolam/aquarium. Lindungi diri anda jangan sampai tergigit nyamuk terutama pada siang hari dengan menggunakan obat nyamuk., memakai kelambu atau memasang kawat kasa dirumah.
 
Hubungi Petugas Kesehatan untuk Informasi Lebih Lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...