Jumat, 28 Desember 2012

ROKOK ELEKTRONIK (E-CIGARETTE)


          Rokok Elektronik (Elecronic Nicotine Delivery Systems atau e-Cigarette) adalah sebuah inovasi dari bentuk rokok konvensional menjadi rokok modern. Rokok elektronik pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh SBT Co Ltd, sebuah perusahaan yang berbasisBeijing, RRC, yang sekarang dikuasai oleh Golden Dragon Group Ltd Pada tahun 2004, Ruyan mengambil alih proyek untuk mengembangkan teknologi yang muncul. Diserap secara resmi Ruyan SBT Co Ltd dan nama mereka diubah menjadi SBT RUYAN Technology & Development Co, Ltd.
           Rokok elektronik diklaim sebagai rokok yang lebih sehat dan ramah lingkungan daripada rokok biasa dan tidak menimbulkan bau dan asap. Selain itu, rokok elektronik lebih hemat daripada rokok biasa karena bisa diisi ulang. Bentuknya ENDS seperti batang rokok biasa. Namun tidak membakar tembakau, seperti produk rokok konvensional. Rokok ini membakar cairan menggunakan baterai dan uapnya masuk ke paru-paru pemakai. Produk itu dipasarkan dengan banyak nama, di antaranya rokok elektronik, ecigarro, electro-smoke, green-cig, dan smartsmoker. Rokok elektronik dianggap sebagai alat penolong bagi mereka yang kecanduan rokok supaya berhenti merokok. Alat ini dipasarkan sebagai alternatif yang lebih aman dari produk tembakau biasa. Label "HEALTH" pun terpasang jelas pada kemasannya.
             Selain itu dikabarkan rokok elektronik atau e-rokok memiliki harga yang lebih murah dibanding rokok asli di pasaran. Anda hanya harus mengganti baterai dan cairan yang memberikan rasa pada rokok tersebut.Tidak adanya pembakaran dalam rokok elektronik ini diklaim tidak akan memberikan aroma khas rokok yang biasanya tercium. Dalam dua menit bau rokok akan segera hilang. Ini tentu akan memberikan efek berbeda pada perokok yang terbiasa menghirup asap dan aroma rokok.
          Meskipun tidak memiliki tar atau asap dan karbondmonoksida yang biasa dihasilkan rokok asli. Rokok elektronik ini tetap mengandung nikotin cair yang dapat menyebabkan overdosis nikotin. Karena secara tidak langsung, Anda bisa saja menelan secara langsung nikotin tersebut. Tentu ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang fatal. Kecanduan nikotin ini yang tidak memberikan perbedaan apa pun jika Anda menghisap rokok asli atau rokok elektronik.

Seperti kata iklan teh botol, "apapun rokoknya bahayanya sama saja"
 so keep clean our air from smoke agar kita sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.
BUDAYAKAN PHBS


1 komentar:

  1. VaporFi is the #1 electronic cigarettes supplier on the market.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...