Sabtu, 06 April 2013

MDGs Tahun 2015 Bidang Kesehatan




   MDGs merupakan suatu instrument yang sangat mempermudah pemerintah dalam penargetan peningkatan kesejahteraan rakyat.  Keberhasilan dalam pencapaian MDGs di Indonesia tergantung pada pencapaian tata pemerintahan yang baik, kemitraan yang produktif pada semua tingkat masyarakat dan penerapan pendekatan yang komprehensif untuk mencapai pertumbuhan yang pro-masyarakat miskin, meningkatkan pelayanan publik, memperbaiki koordinasi antar pemangku kepentingan, meningkatkan alokasi sumber daya, pendekatan desentralisasi untuk mengurangi disparitas serta memberdayakan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.
         Selain pemerintah, masyarakat juga harus berperan dalam pencapaian MDGs ini. Justru masyarakatlah yang menjadi pemeran penting dalam tercapainya kesejahteraan rakyat. Tanpa sikap pro-aktif dari masyarakat, segala macam upaya pemerintah Indonesia tidak akan menjadi hasil yang maksimal.
MDGs 2015 untuk bidang Kesehatan ada 5 item MDGs yaitu MDGs 1, 4, 5, 6 dan 7 sebagai berikut
MDGs 1 : Menanggulangi Kemiskinan dan Kelaparan
MDGs 4 : Menurunkan Angka Kematian Anak
MDGs 5 : Meningkatkan Kesehatan Ibu
MDGs 6 : Memerangi HIV/AIDS, Malaria dan Penyakit Menular Lainnya
MDGs 7 : Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup

        Pemberlakuan system desentralisasi di Indonesia bisa menjadi pendukung atau justru penghambat untuk peningkatan kesejahteraan Indonesia. Pemerintah harus jeli dalam pembagian kewenangan dan kekuasaan pemerintah pusat dan daerah. Desentralisasi akan jadi penghambat ketika terjadi moral hazard (misalnya korupsi) akibat birokrasi yang panjang dan berbelit-belit. Namun, desentralisasi juga bisa menjadi pendukung akselerasi pencapaian MDGs yang akurat karena pemerintah daerah lebih mengerti kebutuhan daerahnya daripada pemerintah pusat.
          Maka dari itu, secara keseluruhan, perlu optimisme, sikap pro-aktif, dan sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat sehingga MDGs bisa tercapai. Sinergisitas juga harus terjalin antara pemerintah pusat dan daerah sehingga sasaran MDGs semakin tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...