Sabtu, 28 Juli 2012

Desa Siaga


Info tentang desa Siaga


Kabupaten Sumbawa Barat adalah satu - satunya kabupaten di NTB yang semua desanya telah menjadi desa siaga. Kecamatan Poto Tano adalah salah satu kecamatan di KSB yang semua desanya telah menjadi desa siaga. Desa siaga merupakan gerakan yang dilakukan oleh masyarakat desa secara swadaya untuk meningkatkan drajat kesehatan warga yang ada di desa tersebut. dalam pelaksanaan Desa siaga menyangkut 5 (lima) sistem yang harus berjalan, kelima sistem tersebut yaitu ;


1.    Sistem pencatatan dan pemantauan
Dalam sistem pencatatan dan pemantauan ini, akan dilakukan pendataan data dasar masyarakat di tingkat dusun yang meliputi jumlah penduduk termasuk jumlah ibu-ibu hamil, bayi dan balita, PUS, WUS dan sanitasi dasar.
2.         Sistem Komunikasi
Sistem komunikasi yang dibentuk bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi tentang masalah-masalah kesehatan yang dihadapi. Contohnya ada sebagian masyarakat yang dengan sukarela meminjamkan telepon genggamnya untuk menghubungi petugas kesehatan.
3.         Sistem Transportasi
Di dalam sistem ini, terdata pula jenis-jenis kendaraan dan nama pemiliknya yang akan digunakan sebagai alat transportasi dalam proses rujukan. Sistem ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat menuju fasilitas kesehatan khususnya ibu-ibu yang akan melahirkan, dapat dengan mudah dihantar ke poskesdes atau puskesmas.
4.         Sistem Pendanaan
Sistem pendanaan yang di gunakan adalah sumbangan swadaya dari masyarakat sesuai kesepakatan yang telah dibuat dirapat desa atau MMD. Besaran Iuaran tersebut bervariasi antara 1.000 s.d 2.000 rupiah setiap kk. Dana yang ada tersebut digunakan untuk membiayai warga yang sakit dan membutuhkan biaya terutama untuk rujukan ke Rumah Sakit seperti RSUD Sumbawa dan RSUP Mataram atau sarana kesehatan lainnya karena untuk pelayanan kesehatan di KSB sudah digratiskan. 
5.         Sistem Donor Darah
Sistem donor darah dibentuk untuk memudahkan masyarakat terutama kasus-kasus gawat darurat yang membutuhkan donor darah. Seperti kasus perdarahan pada ibu melahirkan atau kasus perdarahan pada pasien yang mengalami kecelakaan. Dalam sistem ini, akan dikelompokkan nama-nama pendonor darah sesuai dengan golongan darahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...